[Review] Day-3: Kebiasaan Melihat Diri Sendiri Dari Pandangan Orang Lain

~ Hal terbesar yang kurasakan selama hidup tiga puluh tahun adalah bahwa orang lain tidak begitu tertarik padaku….~

Pas awal baca intro di awal chapter ini. Aku bener-bener nangis pasalnya semua permasalahan yang di bahas oleh penulis, akhir-akhir ini terjadi padaku juga.

Aku sering penasaran dengan orang-orang. Apa mereka memandang aku dengan baik, atau mereka membicarakan hal-hal buruk tentangku. Seperti penulis, yang memiliki kecenderungan berpikir ekstrem akupun juga begitu.

Lantas apakah ini penyakit? Kenapa rasanya tidak nyaman memikirkan semua hal ini.

~ …..oleh karena itulah, kadang aku merasa kesepian saat sadar bahwa tidak ada orang yang tertarik padaku…~

Ya, dan aku terjebak dalam kediaman ini selama bertahun tahun….

Pada bagian ini penulis pun menceritakan kembali ke stresan tentang pekerjaanya. Ia bahkan menceritakan pada psikolognya bahwa ia ingin keluar saja dari perusahaanya. Sang psikolog menanggapi bahwa penulis tidak boleh tergesa-gesa dalam mengambil keputusan. Pikirkan kembali resiko yang akan terjadi bila ia sudah tidak bekerja.

Tentu, sangat betul apa yang di katakan sang dokter. Kehidupan saat kehilangan sebuah pekerjaan di saat usia produktif memang bukan lah hal yang mudah. Mungkin, baik di Korea atau pun di negara lain menjadi pengagguran bisa menjadi sebuah permasalahan yang serius. Maka dari itu sang dokter dalam kasus ini cukup mewanti-wanti penulis agar memikirkannya kembali.

Penulis terjebak dalam sebuah pikiran rumit. Memang siapa yang mau begini? Orang-orang tidak tahu rasanya menjadi kita dengan semua kisah gilanya.

“……selain itu, saya benci dengan diri saya yang menunduk murung memikirkan bahwa orang-orang mungkin akan menghina saya, membenci saya, tanpa saya bisa menyampaikan kekhawatiran itu dengan jujur…..”

Aku hanya ingin jujur, tapi aku memiliki kecenderungan untuk terus berbohong dan berbohong dengan keadaanku yang hanya ingin membahagiakan orang lain, dan merugikan diri sendiri.

❤️ A : “Apa saya terlalu mementingkan perasaan saya?”

❤️ P :”Kelihatan sedikit mementingkan perasaan”

Penulis kemudian di diagnosis oleh dokter bahwa ia memiliki kecenderungan melihat diri sendiri dari pandangan orang lain, emosi yang muncul pun datang dari pandangan orang lain, bukan datang dari diri sendiri. Meski pun kita memiliki banyak kelebihan atau pun sisi yang berharga, itu pasti akan kita tepis karena kita hanya melihat pendapat orang lain tentang kita. Padahal kita boleh saja bersikap egois dan mengikuti apa kata hati kita.

“…..saat pikiran saya menuju ke arah radikal begini, saya jadi sering berpikir buat apa saya hidup kalau jadinya sampai begini. Soalnya, meski ada hal-hal yang membahagiakan, saya masih harus berperang dengan pemikiran radikal itu untuk mendapatkan rencana selanjutnya dan sepertinya kekhawatiran-kekhwatiran itu masih lebih besar dibandingkan kebahagiaan…..”

Ya, dan aku hanya membesar-besarkan kecemasan dan kekhawatiran serta pandangan orang terhadapku…..

“…Rasanya seperti menjadi orang yang tidak berguna. Aku ini manusia yang benar-benar akan terjatuh hanya karena masalah sepele, jadi bagaimana bisa aku menjalani kehidupan di perusahaan? Aku pun membenci diriku, manusia yang lemah dan tidak tegas ini…..”

Honestly, this is best part for me… Semua isi dari tulisan dan kisahnya memang bikin terharu. Beruntung kalian yang bisa di cintai orang lain dengan mudah, beruntung kalian yang bisa bekerja dengan layak serta sesuai dengan apa yang kalian sukai….kalian jangan lupa untuk bersyukur. Karena mungkin di luar sana ada orang yang tak mendapatkan hal-hal seperti itu. Sekian tulisan di chapter ini…terakhir ada potongan kutipan yang sangat menarik bagiku…

“….Namun, aku ini orang yang aneh. Saat sengsara terluka, saat bahagia pun aku terluka….”

Sekian….

See you….

Fin.

❤️

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s